Aku adalah salah satu jenis sel darah. Aku dapat membentuk zat antibodi. Di tiap mm\xb3 darah, aku memiliki sel yang serupa sebanyak 1.500 hingga 3.000 butir. Aku adalah …, , Clue : Leukoskit memiliki 5 jenis berdasarkan bentuk dan ada tidaknya granula

1 min read


Aku adalah salah satu jenis sel darah. Aku dapat membentuk zat antibodi. Di tiap mm³ darah, aku memiliki sel yang serupa sebanyak 1.500 hingga 3.000 butir. Aku adalah …


 \\

Clue : Leukoskit memiliki 5 jenis berdasarkan bentuk dan ada tidaknya granula​

Aku adalah salah satu jenis sel darah. Aku dapat membentuk zat antibodi. Di tiap mm³ darah, aku memiliki sel yang serupa sebanyak 1.500 hingga 3.000 butir. Aku adalah Limfosit

Limfosit merupakan salah satu jenis sel darah putih yang tidak memiliki granula dalam sitoplasmanya. Jumlah sel nya sekitar 1500 3000 per ml darah. Limfosit berfungsi memproduksi antibodi dan memberikan kekebalan terhadap tubuh.

PEMBAHASAN

☑ Sel Darah Putih (Leukosit)

Jumlah sel darah putih pada manusia berjumlah lebih sedikit dibanding dengan sel darah merah atau sekitar 5000 – 10000 per mm³. Leukosit ini memiliki nukleus dan tidak memiliki hemoglobin. Ukuran selnya lebih besar dari sel darah merah dan memiliki kemampuan melakukan gerakan seperti amoeba (amuboid).

Jumlah leukosit akan meningkat pesat pada saat terinfeksi penyakit pneumonia, radang, dan kanker darah. Leukosit terbagi atas lima jenis sel yang dibedakan menjadi dua kategori berdasarkan ada tidaknya granula dalam sitoplasma, yaitu granulosit dan agranulosit.

Sitoplasma granulosit mengandung granula, nukleus sel biasanya berlobus. Sel tersebut diproduksi di dalam sumsum tulang. Terdapat tiga jenis yakni :

  1. Eosinofil, berjumlah sekitar 60 – 300 per mL darah; berwarna jingga kemerahan jika diberi pewarna asam; berfungsi menelan partikel asing yang dibentuk oleh reaksi antigen – antibodi.
  2. Basofil, berjumlah sekitar 35 – 100 per mL darah; mampu menghasilkan zat kimia berupa histamine dan heparin yang berfungsi melawan kuman dan pembekuan darah.
  3. Neutrofil, berjumlah sekitar 4000 – 5000 per mL darah; berfungsi melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme.

Adapun sel agranulosit yang tidak memiliki granula dalam sitoplasmanya. Sel berkembang di kelenjar getah bening dan sumsum tulang merah. Jenis sel ini adalah sebagai berikut :

  1. Limfosit, berjumlah sekitar 1500 – 3000 per mL darah; berukuran kecil dengan nukleus yang cukup besar; berfungsi memproduksi antibodi.
  2. Monosit, berjumlah sekitar 200 – 700 per mL darah dengan diameter sekitar 9 – 12 mikron; memiliki sitoplasma berukuran besar dengan nukleus yang berbentuk seperti ginjal; berfungsi memfagositosis mikroorganisme dan benda asing.

.

Semoga Membantu

.

PELAJARI LEBIH LANJUT

—————————————————————————–

DETAIL JAWABAN

Mapel : Biologi

Kelas : XI / 11 SMA

Materi : Bab 5 – Sistem Sirkulasi

Kode Soal : 4

Kode Kategori : 11.4.5

Kata Kunci : Sel darah putih, jenis sel darah putih, granulosit, agranulosit

#SemangatBelajar


PLEASE HELP TOMORROW KO NA PO ITO KAILANGAN :((,…

PLEASE HELP TOMORROW KO NA PO ITO KAILANGAN :(( 1. What is the sum of the interior angles of a triangle? A. 180° B....
Prowellness
50 sec read

Sa iyong kwaderno, magsulat ng nararamdaman o realisasyon gamit…

Sa iyong kwaderno, magsulat ng nararamdaman o realisasyon gamit ang mga sumusunod na prompt: Nauunawaan ko na Nababatid ko na Kaillangan kong higit pang...
Prowellness
12 sec read

The big history of modern science?

The big history of modern science?​   Answer: The Big History of Modern Sciences As time passes, mans grasp of science and our planet...
Prowellness
31 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published.